PENDIDIKAN GEOGRAFI FIS UNY GELAR SEMINAR PERUBAHAN IKLIM

Perubahan iklim telah terjadi di dunia, hal ini tentu memberikan dampak negative bagi Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau dengan panjang pantai 80.00 km. Tentu hal ini menjadikan Indonesia sebagai daerah rawan terkena perubahan iklim. Pola cuaca yang berubah, pergeseran musim yang sulit diantisipasi oleh petani menyebabkan besarnya potensi gagal panen pada beberapa daerah di Indonesia. Hal ini tentu mempengaruhi produktivitas pertanian. Tak ubah dengan petani, para nelayan terkendala oleh cuaca buruk sehingga tidak dapat menangkap ikan, jumlah ikan dilaut pun menurun akibat pemanasan global dan rusaknya terumbu karang. Sementara itu, mitigasi terhadap perubahan iklim belum mencukupi. Oleh karena itu perlu kesiapan, antisipasi bahkan adaptasi terhadap perubahan iklim tersebut. Mengingat bahwa perubahan iklim merupakan persoalan kelangsungan hidup, sehingga diperlukan langkah-langkah nyata dengan mempertimbangkan kerentanan masyarakat dan keterlibatan masyarakat agar lingkungan dapat terus lestari. Melihat dari alasan tersebut, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) merasa terpanggil untuk mengadakan seminar nasional dengan tema “Antisipasi Perubahan Iklim Untuk Pelestarian Lingkungan” yang akan digelar Sabtu (16/6) di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY.

Kegiatan ini akan menghadirkan pembicara Drs.  Nasrullah (Kepala Bidang Informasi Perubahan Iklim BMKG) dengan Sub tema: “Upaya antisipasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim”, Ir.  Anjal Anie  Asmara, MSi. (Dosen Fakultas Pertanian UGM), Sub tema: “Perubahan iklim global dan ketahanan pangan” dan Drs.  Suhadi Purwantara,  M.Si. (Dosen Prodi Pendidikan Geografi FIS UNY) Sub tema: “Aspek perubahan iklim global dalam pembelajaran geografi di sekolah” . Selain itu, dalam kegiatan ini direncanakan  presentasi  bagi makalah  yang lolos seleksi, dan penerbitan prosiding. Panitia mengundang para akademisi dan praktisi untuk berpartisipasi aktif dengan mengirim makalah dengan sub tema: a. Antisipasi perubahan iklim di Indonesia, b. Antisipasi  perubahan  iklim terhadap ketahanan Pangan c. Aspek  perubahan iklim global dalam pembelajaran geografi.

Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri ke panitia secara langsung datang sendiri ataupun via telepon ke sekretariat panitia pada jam kerja (08.00-14.00 WIB), dengan alamat: Jurusan Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNY Kampus Karangmalang Yogyakarta Telp. (0274) 586168 psw 386 E-mail: paniti_bumi@yahoo.co.id Website: http://fis.uny.ac.id Contact Person: Suhadi Purwantara, M.Si. (081328025017),Nurul Khotimah, M.Si. (0817273077). Dengan kontribusi peserta Mahasiswa S1 :Rp   50.000,00, Mahasiswa S2/S3, Dosen, Guru, Umum :Rp 100.000,00 dengan fasilitas Seminar kit, coffee break, lunch, dan sertifikat. Pendaftaran peserta dilayani sampai dengan hari Kamis, 14 Juni 2012,  Pendaftaran ditutup setelah jumlah peserta memenuhi kuota (150 orang) selain itu biaya pendaftaran dapat dibayarkan secara individual maupun kelompok ke Sekretariat Panitia pada saat pendaftaran. (Sari)