Pekan Aksi Menyambut Hari Bumi 2015

 

Dalam rangka peringatan hari Bumi pada tanggal 22 April, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY menggelar “Sepekan AKSI untuk BUMI”. Kegiatan yang baru pertama kali diadakan secara berurutan ini meliputi kegiatan turnamen keolahragaan antarkelas dalam Geo-Sport (6-12 April), Donor Darah (14 April), Diskusi Karst Rembang (15 April), Geography Action Week (22-23 April), Launching Komunitas GEGANA/Geografi Tanggap Bencana (25 April), dan puncaknya adalah Launching Desa Wisata “Jurug Gedhe” di Daerah Gunung Kidul (26 April). Kegiatan ini seluruhnya dilaksanakan oleh mahasiswa melalui HMPG dengan arahan pembimbing kemahasiswaan Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY.

Setelah turnamen Geo-Sport,  Donor Darah, dan DIskusi terlaksana dengan baik dan lancar, agenda selanjutnya adalah kompetisi ilmiah antarkelas dalam Geography Action Week yang diselenggarakan tanggal 22-23 April mendatang.

Kompetisi ilmiah bagi mahasiswa jurusan pendidikan Geografi ini terdiri atas 2 cabang lomba, yaitu: Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Lomba Debat Ilmiah serta Lomba Pentas Seni antarkelas. Lomba Karya Tulis Ilmiah akan diselenggarakan secara tertutup pada tanggal 22 April di Ruang Cut Nyak Dien FIS UNY. Dengan mengusung tema “Be Smart Geographer”, LKTI antarkelas ini memberikan 6 pilihan subtema antara lain Kedaulatan Sinergi, Kedaulatan Maritim, Kedaulatan Pangan, Pemerataan Pembangunan, Politik Luar Negeri Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional dalam kaitannya dengan Geografi. Sementara itu Lomba Debat Ilmiah antarkelas mengusung subtema “Geograf Percaya Bahwa Sumbangsih Pemikiran Mahasiswa Pendidikan Geografi diperlukan dalam Membangun Budaya Kritis Mahasiswa”. Perlombaan ini diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi aktif angkatan 2011-2014. Masing-masing cabang lomba dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp20.000,00/tim kecuali lomba pentas Seni antarkelas, yang berbiaya Rp10.000,00/kelas. Harapannya, perlombaan ini dapat memacu budaya kritis dan kompetitif mahasiswa serta dapat mempererat kekeluargaan antar angkatan.

Penyelenggara: 
HMPG FIS UNY
Tanggal Kegiatan: 
6-26 April 2015

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.